Pelanggan Loyal Kunci Kesuksesan Dalam Bisnis
Di saat inovasi teknis sebuah produk sudah mencapai level maksimal, pelanggan yang loyal merupakan aset bisnis bernilai tinggi yang wajib Anda jaga. Bukan hanya menjamin keberlangsungan bisnis, tapi mereka juga bisa jadi kunci sukses bagi perusahaan untuk memenangkan pasar.
Untuk membangun loyalitas pelanggan sendiri bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus Anda persiapkan, termasuk menyiapkan strategi terbaik untuk menjaring mereka, kemudian mengikatnya, dan mengelola pelanggan dengan sistem yang tepat.
Berikut merupakan beberapa trik menjaring pelanggan yang loyal dengan meningkatkan kepuasan pelanggan, sekaligus menghadirkan customer experience yang positif. Diambil dari website customer experience CXsense, berikut beberapa hal yang bisa membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.
1. Tunjukkan Anda Peduli
Pelanggan harus tahu jika Anda peduli dengan kualitas produk yang mereka dapatkan. Untuk mengungkapkan kepedulian ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan meminta testimoni, feedback, memberikan garansi dan lainnya.
Sebagai komitmen kepedulian Anda, jangan ragu untuk melayani seluruh komplain, bahkan bertekad untuk memenuhi hak garansi yang seharusnya mereka dapatkan. Jika terdapat kerusakan karena kegagalan produksi, jangan ragu untuk menggantinya dengan produk baru.
2. Gunakan sistem poin sederhana
Salah satu cara untuk mengikat, sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan menggelar mengadakan loyalty program. Program ini dilakukan dengan cara memberikan poin sederhana untuk setiap transaksi yang mereka lakukan, dan berlaku kelipatan.
Poin nanti bisa ditukarkan dengan produk, voucher diskon, voucher belanja, atau bisa juga diundi untuk mendapatkan hadiah tertentu. Biasanya sistem ini banyak dilakukan oleh pemilik bisnis retail, seperti minimarket, supermarket, department store dan lainnya.
3. Jelaskan Jika Ada Biaya Tambahan
Pernah Anda menemukan pelanggan yang tidak jadi membeli, padahal keranjang mereka sudah dipenuhi dengan belanjaan. Kondisi ini disebut sebagai cart abandonment, atau pelanggan membatalkan transaksi karena beberapa sebab.
Dilansir dalam Hubspot, penelitian menyebut jika cart abandonment yang terjadi di bidang bisnis retail, travel dan lainnya bisa mencapai 75,6%. Umumnya hal ini disebabkan karena adanya biaya tambahan yang harus mereka bayar di luar harga pokok yang ditawarkan.
4. Gunakan Strategic Partnership
Strategic partnership merupakan salah satu strategi pemasaran dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain yang saling bersinggungan dengan bisnis kita. Cara ini memungkinkan semua pihak mendapat keuntungan, dan lebih mungkin saling berbagi pelanggan loyal.
Contohnya, sebuah produsen shampoo bekerjasama dengan salon kecantikan tertentu untuk menebar voucher gratis atau diskon creambath, keramas, dan berbagai perawatan rambut lainnya untuk setiap pembelian produk shampoo atau produk perawatan rambut tertentu.
5. Permudah Transaksi dan Pembayaran
Anda bisa dengan mudah mendapatkan kepuasan pelanggan dari produk dan layanan berkualitas tinggi. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang bisa digunakan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan, salah satunya dengan mempermudah transaksi, dan metode pembayaran.
Misalnya, sebuah toko online tidak membatasi transaksi lewat kartu kredit, tapi juga bisa menerima pembayaran transfer bank, mata uang digital, bahkan transfer pulsa. Tidak hanya itu, Anda pun bisa memperbanyak cabang, atau menyediakan layanan delivery order untuk mempermudah transaksi.
Anda bisa melengkapi strategi mengelola pelanggan loyal dengan mengadakan gathering khusus. Biasanya event ini dilakukan bersamaan dengan acara puncak loyalty program. Selain itu, event ini pun kerap dijadikan sebagai ajang untuk menjalankan Strategic partnership.
You may also like
Archives
- November 2024
- October 2024
- September 2024
- August 2024
- July 2024
- June 2024
- May 2024
- April 2024
- March 2024
- February 2024
- January 2024
- December 2023
- November 2023
- October 2023
- September 2023
- August 2023
- July 2023
- June 2023
- May 2023
- April 2023
- March 2023
- February 2023
- January 2023
- December 2022
- November 2022
- October 2022
- September 2022
- August 2022
- July 2022
- June 2022
- May 2022
- April 2022
- March 2022
- February 2022
- January 2022
- December 2021
- November 2021
- October 2021
- September 2021
- August 2021
- July 2021
- June 2021
- May 2021
- April 2021
- March 2021
- February 2021
- January 2021
- December 2020
- November 2020
- October 2020
- September 2020
- August 2020
- July 2020
- June 2020
- May 2020
- April 2020
- March 2020
- February 2020
- January 2020
- December 2019
- November 2019
- October 2019
- September 2019
- August 2019
- July 2019
Categories
- Agama
- Aplikasi
- Asuransi
- Berita
- Bisnis
- cara mencairkan saldo
- Ekonomi
- Events
- fashion
- Film
- Gadget
- game
- Gaya Hidup
- Hosting
- Hukum
- Internet
- Investasi
- jasa desain rumah
- Kecantikan
- Keluarga
- Kesehatan
- Keuangan
- Kolam Renang
- Kursus Bahasa Inggris
- Kursus IELTS
- Label Barcode
- Makanan
- Masjid
- Mobile
- Nasi Tumpeng
- News
- Olahraga
- Otomotif
- Pendidikan
- Perumahan
- Politik
- Pulsa
- resep masakan
- Ritel
- Sablon Baju
- Selebritis
- sewa apartemen
- Teknologi
- Traveling
- Uncategorized
- Videos
- Wisata